Tinggalkan komentar

Dilema Rekonsiliasi Palestina

Gagasan Hukum

Oleh Hasibullah Satrawi

Hasibullah SatrawiMungkin ini hanya terjadi di Palestina, rekonsiliasi yang sejatinya menjadi kabar baik justru menjadi dilema. Betapa tidak, rekonsiliasi antara dua faksi terbesar di Palestina (Fatah dan Hamas) justru direspons secara negatif dan keras oleh Israel bahkan juga Amerika Serikat (AS).

Telah dimaklumi, beberapa waktu lalu (23/4), faksi Fatah dan Hamas yang membelah kesatuan Palestina dalam tujuh tahun terakhir mengumumkan kesepakatan rekonsiliasi di Jalur Gaza. Dalam perkembangan teranyar, pemimpin Hamas, Ismail Haniya diberitakan telah menandatangani perintah pembebasan aktivis Fatah yang ditahan Hamas sebagai langkah awal menuju pembentukan pemerintahan bersatu Palestina (As-Sharq Al- Awsat, 06/05). Namun demikian, Israel justru mengecam otoritas Palestina lantaran menandatangani rekonsiliasi ini.

Bahkan Israel (dan juga AS) mengancam akan menghentikan proses perundingan damai antara Israel dan otoritas Palestina yang telah berlangsung sejak akhir Juli 2013 lalu di bawah prakarsa Menteri Luar Negeri AS John Kerry. Di wilayah konflik seperti Palestina, rekonsiliasi secara internal dan perundingan…

Lihat pos aslinya 979 kata lagi

Tinggalkan komentar